Indahnya Wisata Alam Pantai Solop Indragiri Hilir (tembilahan)


Di daerah Riau ini, pantai merupakan objek wisata yang sangat jarang kita temui karna sebagian besar objek wisata pantai lebih banyak terdapat di Kepulauan Riau dan Sumatera Barat saja. Tetapi masyarakat Riau belum banyak mengetahui objek wisata pantai yang ada di Indragiri Hilir yakni Pantai Solop. Pantai solop berada di Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir.Pantai Solop ini juga diperkenalkan oleh mantan Gubernur Riau H.M. Rusli Zainal melalui sebuah lagu Zapin.
            Pantai Solop ini merupakan destinasi unggulan yang ada dikawasan Indragiri Hilir karna kekhasan dari pantai ini, banyak sekali anak muda dari tembilahan melakukan wisata kepantai solop. Untuk dapat sampai ke tempat ini kita harus menggunakan transportasi laut, karena pantai solop terletak dibagian timur Pulau Sumatera yang merupakan jalur transportasi utama yang menghubungkan Kota Tembilahan (ibukota dari Indragiri Hilir). 
Dari Kota Tembilahan, untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh melalui jalan laut sekitar 1,5 sampai 2 jam. Sedangkan dari Kecamatan Mandah  sekitar 20 sampai 40 menit. Sedangkan dari Pekanbaru Anda dapat menggunakan mobil angkutan umum menuju ke Kota Tembilahan terlebih dahulu, perjalanan dari Pekanbaru ke Tembilahan ini jarak tempuh sekitar 6 sampai 7 jam.
            Pantai Solop banyak sekali memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dari pantai-pantai yang ada di Indonesia,  pasirnya adalah pasir yang terbentuk secara alami dengan proses yang sangat lama dari sekian banyak cangkang dari berbagai macam jenis kerang, yang hancur menjadi halus (namun sebagian juga ada yang masih berbentuk kasar) dan berwujud seperti pasir pada umumnya.


Comments

Popular posts from this blog

Pertandingan Sepak Bola se-Universitas Riau (HIMIP GOAL 2018)